Ikhlaskan Cinta

“Anak-anak kelas XI sekarang kumpul dilapangan !!” kata guru gue. Secara serentak, gue dan temen-temen gue langsung pindah lokasi ke lapangan buat pembagian kelas, daripada kena pecut lidi sama guru. Muncul pertanyaan dipikiran gue, sebenernya gue ini seorang siswa apa bebek (?). Pengen nanya sama guru, tapi gue yakin itu lidi mendarat di pantat gue. Kelas pun diumumkan, dan lagi-lagi gue sekelas dengan Frank, Ali, dan Kemal.

Saat yang sama, ada siswa-siswi kelas X yang lagi ospek. Yaa, ngeceng-ngeceng dikit ngga ada salahnya, ngga dosa juga. Kalo dosa, kayaknya gue udah jadi ketuanya di neraka nanti. Ngga lucu juga kan kalo ditanya sama malaikat penjaganya “Kenapa kamu masuk neraka ?”, jawabannya “Kebanyakan ngeceng”, jelas bukan prestasi yang bagus.

Akhirnya ada juga yang menurut gue sreg dihati. Namanya Vira, hasil dari nengok nametag yang dia pake pas itu. Penglihatan gue cukup tajam, bukan? Dia emang baru masuk, tapi udah jadi tradisi dan turun temurun kalo seniornya pasti ngeceng siswi yg baru masuk. Dan sialnya, Vira ini dikeceng ngga hanya sama gue, tapi sama semua siswa laki-laki. Tapi dalem hati gue yakin gue bisa dapet perhatian dan hatinya Vira. Kenapa gue bisa seyakin ini ? Karena gue termasuk orang yg cukup terkenal diantara siswi-siswi sekitar, bukan karena cakep ato keren, tapi gara-gara ketololan gue setiap hari yg mirip pelawak, dan yg cukup disyukuri, gue kadang-kadang jadi tempat curhatan mereka juga karena gue terbilang pendengar yg baik dan mau dengerin keluh kesah percintaan mereka semua meski dalem hati gue ngebatin. Btw, Vira ini rambutnya sebahu, langsing menuju kurus, putih, wah pokoknya cantik dah.

*****

Udah satu minggu gue cari-cari Vira, dan masih belum ketemu kelas dia dimana. Minggu depan berlanjut dengan kegiatan yang sama, begitu pun seterusnya. Menjelang UTS, barulah gue dapet kalo VIra ini siswi kelas X-6. Itupun berawal dari Frank yang tiba-tiba masuk bawa daftar absensi hasil nyolong di ruang tata usaha.

“Woy, gue bawa absensi dari tata usaha nih !!” Frank secara mendadak masuk bawa-bawa absensi.

Jelas gue, Ali, dan Kemal bingung “Buat apaan Frank ? Lo mau mukulin siswa baru?”, kata Ali yang jelas-jelas perkataannya diluar akal sehat karena efek samping minum susu basi jaman SMP.

“Kaga woy”, bantah Frank, “Kita UTS kan bareng sama anak kelas X”

“Tumben pikiran lo bener Frank” kata Kemal dan gue setuju, “Kita sama X berapa nih Frank ?” tanya gue.

“Gue udah itung-itungan dari semua kelas XI dan kelas X, dan kita bareng sama kelas X-6” lanjut Frank, “X-6 kan banyak yg cantik-cantik dan manis-manis”

Entah kenapa, soal yg beginian Frank mendadak cerdas, tapi kalo pelajaran tololnya ngga ada dua. Mereka mulai itung-itungan dan ngira-ngira bakalan duduk sama siapa. Gue diem aja, biar mereka yg ngurusin. Toh belom liat mukanya juga. Tiba-tiba, Ali nyeletuk “Zic, lo kayaknya sebangku sama Vira deh nanti UTS.”

“Vira ? Siapa tuh ?” tanya gue pura-pura ngga tau, dalem hati gue seneng mirip tagline mobil sejuta umat itu loh yg bunyinya “Memang Tiada Duanya”.

“Itu loh, siswi baru yg populer dikalangan laki-laki sekarang, masa lo ga tau ?” cemooh Kemal.

“Ya ya ya, terserah kalian, itu pun masi perkiraan kan ? Bisa aja berubah gimana panitia ujiannya” sergah gue.

“Tumben lo kritis, Zic, hahahha” canda Frank yg langsung gue poles kepalanya pake semir sepatu. Memang hari itu jadi hari dimana kami berempat bisa kumpul bareng sampe sore karena keadaan ngga ada guru dan kena timpuk penghapus papan tulis dari kelas sebelah.

*****

Hari ujian pun tiba. Seperti biasa, gue dateng paling pagi dan duduk di ruang ujian. Selain gue mau sedikit review hasil belajar semalem, gue juga pengen tau siapa kelas X yg bakal sebangku dengan gue. Ga lama kemudian, Frank, Ali, dan Kemal dateng barengan. Mereka mulai duduk dibangku masing-masing dan berharap mendapat rekan sebangku yang mantep. Satu persatu baik temen sekelas gue dan anak kelas X udah pada dateng. Ali duduk dengan cewek, hanya saja badannya gendut. Kemal duduk sama cewek juga cuman entah kenapa dandanannya super menor. Frank malahan sama cowok yg kelakuannya mirip-mirip wanita jadi-jadian yg biasa nongkrong dibawah jembatan. Cuman gue yg masi belom ketemu sama temen sebangku gue. Akhirnya yg ditunggu-tunggu dateng juga. Vira masuk dan langsung nyari-nyari tempat duduknya. Sayangnya gue ngga liat dia dateng karena gue ketiduran gara-gara datengnya kecepetan. Bayangin, ujian jam 8, gue dateng setengah 7.

“Permisi ya kak” sapa Vira kepada gue sembari senyum.

“Oh ya silahkan-silahkan” timpal gue yg entah kenapa lebih mirip penjaga kantin daripada kakak kelas.

Dia pun duduk dan ngga lama kemudian guru pengawas masuk dan mulai membagikan kertas ujian. Ujian dimulai. Ujian dia sebenernya cukup sulit dan gue pengen bantuin hanya saja yg dia selalu tanya itu sekitaran Fisika, Kimia, dan Matematika. Jelas gue ngga bisa bantu, nilai tiga pelajaran itu jeblok semua, yang ada gue cuma jadi perantara dia sama temennya tuker-tukeran kertas contekan, begitu pun sebaliknya. Hari demi hari melakukan kegiatan yg sama, dan pada akhirnya sampai dihari terakhir ujian. Dia ujian Bahasa Sunda, gue Bahasa Arab. Satu demi satu dia perkosa itu soal, yg pada akhirnya sampe di esai. Dia harus nulisin kalimat tapi pake aksara sunda.

“Kak, boleh bantuin ngga kak? Aku ngga ngerti aksara sunda” pinta Vira.

Jelas gue bantu, wong nilai gue 97 untuk Bahasa Sunda dulu, “Boleh-boleh, darimana aku harus bantu?” tanya gue pingin tau. Vira kasi liat soal esainya, dan ternyata semua soal esainya 5 soal nerjemahin aksara dan 5 soal ubah ke aksara. Bukan pekerjaan sulit bagi gue meski ujung-ujungnya gue semua yg selesein soalnya. Dari sinilah, benih-benih cinta mulai muncul di hati gue. Dan yg paling beruntung, gue bisa dapet nomer handphone-nya. NOMER HANDPHONE-NYA. Beres hari ujian, gue mulai coba-coba sms dia dan sering dia bales juga. Pokoknya bagi gue, setelah masa UTS itu jadi hari-hari yg menyenangkan tapi ngga bagi Kemal, Ali, sama Frank, mereka liat gue kayak orang gila yg baru kabur dari RSJ. Dari sms-sms inilah gue mulai tahu kehidupannya Vira sehari-hari. Mulai dari dia ikut ekstrakurikuler paduan suara, masuk jadi anggota OSIS, dan jadi guru les untuk anak-anak SD. Sempurna bagi gue. Vira bener-bener cewek yg gue impikan. Vira bener-bener masuk disetiap lamunan gue dan mimpi-mimpi gue. Pernah pada suatu hari, gue bilang sama Vira kalo gue mimpiin dia dan Vira juga mimpiin gue! Yang bikin beda cuman cerita dimimpinya. Mimpinya Vira, dia dibonceng sama gue hujan-hujanan pake motor. Dimimpi gue, Vira pake baju pesta dan gue pake baju tukang sapu kebon. Miris dan ironis, untungnya hanya mimpi.

Kelakuan gue mulai tambah aneh, mulai dari nungging-nungging diatas kasur sambil mesem-mesem nunggu sms dari Vira. Nyokap gue tau kalo anaknya masih normal dan masi suka cewek tulen dan ngga suka cewek KW. Hari-hari berikutnya, gue mulai berani ngajak dia main meski itu sekedar nonton ato makan bareng dikantin. Bahkan, temen-temennya ngira Vira udah jadian sama gue. Sungguh indah dimana temen-temen gue mulai gigit jari. Vira nyaman sama gue, dan gue nyaman sama dia. Tinggal nunggu waktu aja untuk jadian, dan entah kenapa gue merasa sangat yakin bisa jadian sama Vira. Akhirnya demi terlaksananya impian gue yg satu ini, yaitu bisa jadian sama Vira, gue minta saran dari partner crime gue, siapa lagi kalo bukan Kemal, Ali, dan Frank.

“Eh, lo pada bisa gue mintain saran ga ?” tanya gue sama mereka.

“Bebas Zic, tapi jangan soal kucing, gue kaga ngarti” timpal Frank. Emang pada dasarnya gue punya kucing, “Soal apaan Zic ?”

“Jadi gini bro, gue pingin nembak Vira, ada yg punya ide ngga yg bisa berkesan buat Vira ?” gue nanya kayak gitu.

“Kasih bunga aja sama coklat.” kata Ali.

“Ajak aja ke Bukit Bintang, kan romantis tuh beduaan disitu, barulah lo tembak dia.” saran Kemal.

“Tembak pas lagi sendiri aja Zic, pas lagi di ruang ganti.” kata Frank yg jelas langsung gue ceburin kolam. Pikirannya emang ngga beres akhir-akhir ini.

“Yaudah gini aja, gimana kalo lo gabungin saran dari Kemal sama Ali ? Mantep juga tuh” kata Frank sambil megap-megap minum air kolam.

“Cerdas juga lo Frank, oke deh kalo gitu. Thanks bro.” kata gue, “Sekalian doain gue bro, mudah-mudahan ntar malem lancar”.

*****

Malam yg ditunggu pun tiba. Vira gue ajak nonton bioskop yg dilanjutin dengan makan malem. Sambil makan, kita ngebahas soal film animasi 3D yg kita tonton tadi. Lucu, tapi ada kisah romantisnya.

“Eh film-nya lucu ya tadi, kocak parah” kata Vira.

“Iya, ngga nyangka makhluk-ijo-yg-matanya-lima itu ternyata banci” sahut gue.

“Makhluk-ijo-yg-matanya-lima lah, hahahaha, itu namanya Maurice tau.” tawa Vira ngedenger candaan gue.

“Abis aku suka lupa namanya siapa, yg aku inget cuman bentukannya doang.” timpal gue.

“Eh meski begitu, dia rela berkorban loh, dia rela mati buat Sapphire.” kata Vira.

“Iya, kan ada adegannya dia bilang sama Sapphire kalo dia suka, tapi dia tau kalo dia ngga akan bisa jadi lakinya Sapphire, ujungnya nitip sama Marco buat jagain Sapphire.” sambung gue

“Iyaaaaaaa,,,itu sedih bangeeettt disituu, aku aja sampe nangis tau pas bagian ituuu.” Sembari ngambil tisu, “Tuhkan aku nangis lagi.”

Gue pun menyeka air matanya. Sungguh itu membuat gue menjadi tambah keren didepannya.

“Mmmm,, kak, kita diliatin orang2 loh”, kata dia. Jelas muka gue berubah merah. Merah banget. Udah cocok buat jadi lakon difilm Hell Boy, ngga perlu riasan lagi.

“Eh kita mau lanjutin kemana nih ?” tanya gue, “Aku ngikutin aja deh, gimana kamu aja”

“Kita ke Bukit Bintang yuk kak!” ajak Vira “Aku belom pernah kesana soalnya”

“Baiklah” sahut gue “Yuk kalo begitu”

Meluncurlah kita berdua ke Bukit Bintang. Bukit Bintang emang jadi tempat paling kesohor buat yg lagi nge-date. Bersyukurlah gue sudah melewati masa-masa yg bisa gue bilang “Masa Jahiliyah”. Di jalan kita ngga kyk org yg lagi nge-date. Yang ada kita berdua senewen, entah kenapa ke arah dago atas jadi macet banget. Entah karena emang daya tariknya tinggi ato emang ada si komo lewat. Kurang lebih satu jam, perjuangan gue akhirnya terbayarkan.

“Akhirnya sampe jugaaaaaa”, kata gue yg udah ngos-ngosan dan pegel-pegel.

“Iyaaa,, untungnya cerah yah disini kak,,bintangnya banyak lagii”, Vira kesenengan “Kenapa kak ?” tanya Vira tiba-tiba.

Sontak gue kaget. Gue ketauan kalo gue lagi ngeliatin dia. Mau bohong juga uda ketauan duluan, ah yasudahlah…..

“Ngga ada apa-apa kok Vir”, kata gue, “Eh mau minuman anget ga ? Lumayan dingin loh disini”, tawar gue. Disini emang cukup dingin, dan jaket gue dipake Vira soalnya dia cuman pake cardigan doang. Gue kedinginan setengah mampus. Kelamaan disini kayaknya bisa bikin gue hipotermia.

“Aku mau susu yah kak”, pinta dia “Aku kan lagi masa pertumbuhan”

“Baiklah, nona maniis”, timpal gue.

AKhirnya gue beli satu susu anget dan satu kopi. Emang gue kelakuannya udah mirip sama tukang ojek, malem-malem minum kopi. Sembari minum kopi, gue lagi-lagi merhatiin Vira lagi. Dan jujur, Vira cantik malem itu. Sangat cantik. Dalem hati gue, gue harus jadiin Vira cewek gue, apapun yang terjadi. Gue mulai cari-cari coklat sama bunga yg mau gue kasiin ditas, tapi ngga ada. Gue mendadak panik, coklat yg gue siapin ngga ada dan akhirnya gue inget kalo itu coklat dihajar abis sama Kemal sama Ali. Bunga juga abis, dimakanin sama Frank yg ngga kebagian coklat. Yang gue dapet malahan kartu remi yg sering gue mainin sama Kemal, Ali, dan Frank. Tapi ngga sampe disitu, gue punya trik sama kartu ini.

“Eh Vir, aku punya cerita dari kartu nih, mau liat ga ?”, tawar gue, mudah-mudah ngga garing ini triknya.

“Boleh-boleh, cerita kayak apaan kak ?”, Vira mulai penasaran.

“Ehem,ehem,,, jadi gini, dulu hidup seorang pangeran yg dikutuk jadi katak. Dia harus nyari putri yg emang bener tulus cinta sama dia. Udah 4 taun dia cari-cari, dan akhirnya ketemu. Coba kamu cium kartunya”, Vira cium kartunya dan gue melanjutkan kisahnya

“Nah, sekarang katak itu udah jadi pangeran, tapi bentuknya masih kartu. Coba kamu cium sekali lagi.”, pinta gue dan Vira cium kartunya sekali lagi. Gue masih inget itu kartu Jack Sekop.

“Sekarang kamu cari kartu Jack Sekop itu.” pinta gue.

Vira mulai cari-cari tapi ngga ada. “Ngga ada kak kartunya”, Vira ngeliat disaku gue, ada kyk corak kartu dan dia ambil. Vira liat dan gambar kartu itu Jack Sekop.

“Kok ada disaku kakak ?” dia penasaran “Kak…..”

“Aku suka sama kamu Vir” potong gue “Gue bolehkan jadi pangeran hati kamu…..”

Vira kaget jelas. Diem seribu bahasa.

“Tapi ada syaratnya kak….”, kata Vira

“Apa itu ?”, tanya gue. Baru nyadar gue kalo mau pacaran aja ada syaratnya. Udah kayak ngelamar kerja.

“Syaratnya, aku boleh jadi putri kakak..”, sembari senyum-senyum malu.

Gue kesenengan. Seneng banget sampe-sampe mau loncat ke depan tapi ditahan Vira karena dia bingung yg nanti siapa yg nganterin dia pulang. Dan resmilah gue jadi pacar Vira malem itu. Malem semakin larut dan akhirnya kita berdua pulang. Sampe rumah, gue bener-bener ngga bisa tidur, entah karena terlalu seneng ato emang gara-gara kopi yg gue minum yg ternyata kopi joss, kopi campur arang panas.

Disekolah, gue sampein kabar gembira ini ke Frank, Ali dan Kemal. Mereka ikut seneng, meski sebenernya mereka sirik parah. Apalagi Frank yg kecengannya ditikung sama abang-abang ojek yg tampangnya mirip Nicholas Saputra. Kehidupan gue lebih berwarna dengan hadirnya Vira.

*****

Hubungan gue sama Vira pada awalnya baik-baik aja, namun ngga bisa bertahan lama. Gue putus sama Vira dibulan ke-10. Bukan karena gue terlalu cuek atau dianya, tapi emang karena dia yg ninggalin gue. Ngga dia ngga mati. Dia pindah sekolah karena bapaknya dinas ke Karawang. Awalnya kita sepakat buat LDR, toh LDR cuman modal pulsa doang, tapi itu ngga cukup. Vira butuh perhatian dan dia emang udah menemukan yg pas.

“Jadi, kita putus aja ?”, tanya gue yg dalem hati yg emang sebenernya ngga mau putus.

“…..Iya kak….Maaf…Aku tau ini berat, tapi….”, kata Vira sambil menangis.

“Udah cup2,, ngga usah nangis, aku ngerti kok”, kata gue.

“Tapi kakak….gimana sama kakak nanti ?”, tanya dia. Dia khawatir sama gue.

“Aku bakal baik-baik aja kok, tenang aja. Meski gue udah ngga jadi pacar kamu.” kata gue supaya dia ngga khawatir.

“Bener ya kak…..”, Vira udah berhenti nangis.

Kehidupan gue emang sedikit galau semenjak putus dari Vira. Untungnya, Vira masih sering curhat-curhat ke gue. Gue pernah bilang sama Vira kalo dia cocoknya jadi adik gue dan dia setuju kalo gue jadi kakaknya. Akhirnya gue bilang sama bokap gue buat nikahin ibunya Vira. Yang ada, bokap gue siapin tali dan pas gue tanya buat apaan beliau cuma bilang, “Buat gantung kamu, nak. Udah ngaco kamu.” Untungnya niat itu tidak terlaksanakan karena talinya dipake nyokap buat jemur pakaian.

Gue beruntung punya temen-temen sejenis Ali, Kemal, dan Frank yg ngehibur gue meski diawalnya tetep ngejek dulu. Tapi disisi lain, gue tetep ngga bisa ngelupain Vira. Emang cuma dia yg bisa untuk bikin hidup gue lebih berwarna. Gue menyadari kalo di dunia ini sifatnya ngga ada yg abadi. 

Leave a comment